back
Bagaimana Cara Memaksimalkan Fungsi Furniture Kantor?
Kantor yang nyaman tentunya akan membuat karyawan lebih produktif saat bekerja. Salah satu
elemen penting yang tidak boleh Anda pilih dengan asal-asalan ketika ingin menata kantor
adalah furniture.
Setiap furniture kantor tentunya memiliki keunikan tersendiri. Namun, akibat dari kesalahan penataan atau peletakkan, furniture justru tidak bisa digunakan dengan maksimal. Jika begitu, biaya yang sudah dikeluarkan untuk menata kantor bisa menjadi sia-sia. Demi menghindari hal tersebut, lakukan beberapa cara berikut ini untuk memaksimalkan fungsi furniture kantor Anda.
Diskusikan dengan pengguna
Setiap divisi bisa saja membutuhkan furniture yang berbeda dengan fungsi berbeda pula. Maka dari itu, penting untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan karyawan demi memastikan bahwa furniture yang disediakan memang akan digunakan dengan maksimal dan bisa membantu mereka dalam bekerja.
Sesuaikan layout ruangan dengan kebutuhan kerja
Menyesuaikan layout ruangan dengan kebutuhan kerja juga bisa menjadi cara untuk memaksimalkan fungsi furniture. Anda perlu menghitung luas area kerja terlebih dahulu sebelum menentukan furniture yang dipakai. Jangan sampai furniture kantor pilihan Anda terlalu besar atau kecil untuk kebutuhan kerja.
Secara proporsional, layout ruang kerja bisa dibagi menjadi ⅓ untuk area meja kerja, ⅓ untuk tempat berkas atau penyimpanan, dan ⅓ lagi untuk area terbuka bebas tempat karyawan berlalu-lalang.
Tata furniture dengan cermat
Selain memperhatikan proporsi ruangan, Anda juga perlu memperhatikan apakah penataan furniture sudah mendukung pekerjaan karyawan. Penataan furniture yang tepat tak hanya mendukung produktivitas pekerja, tetapi juga bisa bisa membuat ruang kantor tampak lebih rapi serta memaksimalkan fungsi furniture kantor.
Beberapa jenis pekerjaan mengharuskan pekerja untuk berdiskusi satu sama lain. Bagi divisi yang memiliki jenis pekerjaan seperti ini, akan lebih baik untuk melengkapi ruang kerjanya dengan meja tanpa pembatas dan diletakkan berhadapan. Dengan begini, mereka bisa berdiskusi dengan lebih efisien.
Hal ini juga bisa diterapkan jika Anda memiliki ruang meeting yang tidak terlalu luas. Dari pada menggunakan beberapa meja kecil yang disusun melingkar, akan lebih baik juga menggunakan meja panjang ukuran besar. Tak hanya menghemat ruang, ini juga menjadi cara cermat untuk meningkatkan efektivitas diskusi antar karyawan.
Memanfaatkan pencahayaan alami Pencahayaan adalah hal penting yang perlu diperhatikan saat menata kantor karena dapat mempengaruhi konsentrasi karyawan ketika bekerja. Jika pencahayaan kurang atau tidak tepat, karyawan dapat berisiko sakit mata atau bahkan pusing ketika bekerja.
Agar memaksimalkan produktivitas, ada baiknya untuk memanfaatkan pencahayaan alami. Cahaya matahari dinilai lebih baik dari pada lampu karena bisa menyeimbangkan jam biologis pekerja. Jika ruang kantor tidak mendapatkan cahaya alami, jam biologis tubuh akan kesulitan membedakan pagi dan malam. Hal ini dapat berisiko pada pola tidur yang tidak sehat.
Memaksimalkan penyimpanan Setiap kantor tentu memiliki tumpukan dokumen, arsip, atau kertas yang jika dibiarkan begitu saja bisa mengganggu area kerja, tetapi tidak bisa dibuang karena merupakan dokumen penting. Maka, solusi dari hal ini adalah memaksimalkan lemari penyimpanan kantor.
Anda bisa membuat sebuah sekat antara area kerja dengan ruang arsip. Jika jumlah dokumen dirasa akan semakin banyak, Anda juga bisa membuat ruangan khusus yang berisi lemari arsip untuk menata berbagai dokumen kantor. Untuk memaksimalkan ruangan arsip, tentu Anda membutuhkan lemari arsip yang bisa memuat ribuan dokumen dengan rapi. Lemari arsip dari PT Alba Unggul Metal bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.
Pilih furniture dengan teliti
Sebelum membeli furniture kantor, pastikan Anda sudah memilihnya dengan teliti. Sesuaikan kursi kantor dengan bentuk punggung, serta memiliki sandaran lengan dengan ukuran yang pas. Selain itu, pastikan juga meja kantor tidak terlalu tinggi atau rendah, serta sesuai dengan kursinya.
Selain memperhatikan bentuk furnitur kantor dengan teliti, pastikan pula Anda mengetahui kebutuhan karyawan ketika bekerja. Dengan begitu, Anda bisa memilih furniture yang mampu mengakomodasi setiap kebutuhan para pegawai, seperti meja kerja dari PT ALBA Unggul Metal. Jika kesulitan mencari meja kantor yang sesuai dengan kebutuhan pegawai, Anda bisa membuatnya secara custom di PT Alba Unggul Metal. Selain menyediakan berbagai meja kantor berkualitas premium, PT Alba Unggul Metal juga siap membuat furniture kantor sesuai dengan keinginan Anda.
Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih dan memaksimalkan fungsi furniture kantor. Pastikan Anda mengetahui kebutuhan pegawai serta fungsi setiap furniture sebelum membelinya. Selain itu, ketahui pula tata letak ruang yang baik dan pencahayaan alami yang cukup untuk meningkatkan produktivitas pegawai Anda.
Untuk kebutuhan furniture kantor yang kokoh dan tahan lama, Anda bisa mempercayakannya pada PT Alba Unggul Metal. Setiap furniture yang diproduksi menggunakan bahan baku berkualitas, serta dibuat dengan teknologi canggih, menghasilkan produk premium yang bisa memenuhi kebutuhan kantor Anda.
Tertarik dengan furnitur kantor PT ALBA Unggul Metal? Anda bisa melihat beragam produknya di website resmi dengan klik link ini.