back
Maksimalkan Produktivitas, Pilih Perabot Kantor dengan Cermat
Perabot kantor merupakan hal yang perlu menjadi perhatian Anda dalam proses perancangan kantor. Pasalnya, pemilihan perabotan yang akan digunakan tidak bisa dilakukan secara asal-asalan.
Selain untuk memaksimalkan fungsinya, faktor kenyamanan juga merupakan hal yang harus dipertimbangkan. Bagaimanapun juga, bekerja dengan nyaman akan membantu meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Oleh karena itu, yuk simak cara memilih perabotan untuk kantor di artikel ini!
7 Cara Memilih Perabot Kantor yang Tepat
Memilih perabot kantor tidak dapat Anda lakukan secara sembarangan. Berikut 7 tips yang bisa Anda terapkan saat hendak memilih perabot yang tepat dan sesuai dengan fungsinya, yaitu:
1. Memilih Perabotan Sesuai dengan Kebutuhan
Pertama, pastikan memilih perabotan yang sesuai dengan kebutuhan kantor. Faktanya, perabot yang Anda pilih tidak hanya harus nyaman, tetapi juga harus menunjang segala aktivitas pekerjaan yang ada di kantor.
Secara umum, beberapa perabot yang ada di dalam kantor diantaranya meja, kursi, lemari, rak penyimpanan, meja resepsionis, sofa, rak buku, dan perabot lainnya tergantung dengan bidang yang perusahaan jalankan.
Memilih perabot yang tepat sesuai dengan kebutuhan akan membantu memaksimalkan dan tentunya mempermudah pekerjaan. Misalnya, memilih meja komputer untuk pekerjaan yang menggunakan komputer.
2. Memilih Kursi yang Ideal
Pemilihan meja dan kursi yang tepat dan sesuai adalah hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli perabotan kantor. Kursi kantor merupakan salah satu perabot yang krusial dalam kantor. Berikut adalah beberapa jenis kursi kantor yang bisa Anda pilih, yaitu:
a. Kursi yang Sesuai dengan Bentuk Punggung
Kursi yang pertama adalah kursi yang memiliki pegas, penggunanya dapat mengatur tinggi dan posisi punggung sesuai dengan postur tubuh. Jenis kursi ini akan membuat pegawai yang bekerja dengan posisi duduk menjadi lebih nyaman dan tidak mudah merasa lelah.
b. Kursi dengan Sandaran Lengan
Selanjutnya, kursi yang memiliki sandaran lengan. Kursi dengan sandaran lengan akan membantu menopang lengan saat bekerja.
Pada dasarnya saat bekerja, lengan merupakan bagian tubuh yang paling banyak beraktivitas. Pemilihan kursi dengan sandaran lengan akan membantu otot lengan lebih rileks.
c. Kursi dengan Bantalan yang Empuk
Duduk terlalu lama di sebuah kursi juga akan membuat pekerja merasa tidak nyaman. Terutama jika bantalan yang terdapat pada kursi keras. Itu sebabnya, memilih kursi dengan bantalan yang empuk bisa Anda lakukan agar pekerja merasa nyaman.
d. Kursi dengan Kaki Roda
Kursi dengan roda tentunya akan mempermudah pekerja dalam bergerak. Selain lebih efisien dan fleksibel, penggunaan roda pada kursi kantor juga akan mempersingkat waktu dalam bekerja.
Pasalnya, pekerja hanya perlu menggerakan roda saat berpindah tempat untuk mengambil sesuatu di ruangan yang sama.
3. Memilih Meja Kantor yang Sesuai
Tidak hanya memilih kursi yang ideal, pemilihan meja sebagai salah satu perabot kantor juga perlu Anda perhatikan. Saat memilih meja, pastikan meja yang Anda pilih sesuai dengan ukuran standar kerja, yakni dengan tinggi sebesar 75 cm.
4. Gunakan Perabot yang Multifungsi
Selain perabot yang ideal, Anda juga bisa memilih perabot yang multifungsi. Misalnya meja kantor yang memiliki beberapa laci penyimpanan, sehingga berguna untuk menyimpan berkas-berkas pekerjaan.
Tidak hanya membuat kantor menjadi lebih rapi, pemilihan perabot multifungsi juga akan membantu memaksimalkan ruang kerja yang minimalis.
5. Pilih Perabot sesuai Style Kantor
Setiap perusahaan atau kantor, tentunya memiliki ciri khas gaya masing-masing. Meski bukanlah hal yang utama, memilih perabot kantor yang sesuai dengan ciri khas perusahaan akan membuat interior kantor menjadi lebih indah.
Selain itu, pemilihan perabot yang sesuai dengan citra bisnis yang dijalankan akan membuat nuansa bekerja menjadi lebih ideal dan nyaman. Cara ini juga dapat turut membantu meningkatkan citra perusahaan di mata karyawan dan pengunjung.
6. Pilih Perabot yang Minimalis
Poin utama dalam memilih perabot adalah pertimbangkan kegunaannya. Itulah sebabnya, penting bagi Anda untuk tidak memilih perabot yang berlebihan dan tidak sesuai dengan fungsinya.
Selain lebih efisien, memilih jenis perabot yang minimalis sesuai dengan fungsinya juga membantu meminimalisir pengeluaran tidak berguna.
7. Pilih Perabot yang Awet
Tips terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah daya tahan dari perabot yang Anda pilih. Pastikan perabot tersebut menggunakan bahan yang awet dan memiliki jangka usia yang lama.
Hal ini akan membantu mencegah terjadinya pembelian berulang karena perabot yang rusak atau usang. Salah satu bahan yang bisa Anda pilih adalah perabot dengan bahan metal. Metal jauh lebih tahan lama daripada kayu.
5 Kelebihan Perabot Kantor Berbahan metal
Penggunaan metal sebagai bahan utama dalam perabot saat ini menjadi populer. Metal atau besi memiliki beberapa keunggulan daripada perabot berbahan kayu. Berikut 5 keunggulan perabot kantor dengan bahan metal atau besi:
1. Lebih Kuat
Besi adalah salah satu jenis metal merupakan bahan yang cenderung lebih kuat dan tahan lama. Apabila digunakan sebagai kerangka pada kursi dan meja, Anda tidak perlu khawatir perabot tersebut patah saat menopang beban yang cukup banyak.
2. Tahan Rayap
Meski perabot berbahan kayu memiliki nilai estetika tersendiri, kekurangan yang sulit untuk kita hindari adalah adanya rayap.
Penggunaan perabot kantor berbahan metal dianggap jauh lebih aman karena tidak mungkin diserang oleh rayap yang cukup merusak.
3. Tahan Air
Kelebihan selanjutnya dari material besi adalah ketahanannya terhadap air. Besi tidak memiliki pori-pori yang dapat membuat air merembes, sehingga mengalami pelapukan selayaknya kayu.
Penambahan anti karat pada lapisan luar perabot akan membuat perabot yang Anda pilih tidak mudah karatan akibat terkena air.
4. Lebih murah
Secara umum, material metal atau besi memiliki harga yang jauh lebih murah daripada kayu.
Berbeda dengan kayu yang diproduksi secara hati-hati untuk menjaga kelestarian alam, bahan besi jauh lebih mudah ditemukan sehingga harga jualnya pun jauh lebih rendah.
5. Memiliki tampilan estetik
Penggunaan material besi juga dapat menambah nilai keindahan dalam kantor atau perusahaan Anda. Apalagi jika konsep yang diterapkan adalah industrial modern.
Selain itu, furniture berbahan besi juga dapat memberikan tampilan yang modern dan kuat dalam meningkatkan citra citra perusahaan.
Sudah Tahu Cara Memilih Perabot Kantor?
Dengan memilih perabot kantor secara cermat dan tepat sesuai dengan kebutuhan, tentunya dapat memaksimalkan produktivitas dalam bekerja. Selain itu, bisa juga menghemat budget yang kantor untuk membeli perabotan. Meski begitu, pastikan membeli perlengkapan kantor di tempat yang terpercaya.
PT Alba Unggul Metal bisa menjadi salah satu solusi, apabila Anda hendak membeli perabot berbahan besi dengan kualitas terjamin. Anda juga bisa melakukan custom furniture sesuai dengan perabotan yang Anda inginkan. Yuk, lengkapi kantor Anda dengan perabotan terbaik hanya di PT Alba Unggul Metal!
FAQ
1. Perabot kantor apa saja?
Lemari brankas, lemari rak, meja komputer, kursi, dan masih banyak lagi.
2. Apa yang dimaksud dengan peralatan kantor?
Seluruh perlengkapan yang secara umum digunakan di kantor atau tempat kerja.
3. Mengapa kantor harus memiliki perabot kantor?
Tujuannya untuk mempermudah segala aktivitas pekerjaan kantor agar lebih efisien dan cepat.