back
6 Fungsi Utama Filing System Dalam Sebuah Kantor
Pengorganisasian berkas atau arsip adalah faktor terpenting dalam memaksimalkan pemanfaatan ruang. Salah satu solusi terbaik yaitu dengan menggunakan Filing System. Anda juga bisa mendesain sesuai kebutuhan di kantor. Mari simak informasi lengkapnya berikut!
Apa itu Filing System
Filing System adalah suatu sistem, metode, atau cara yang telah direncanakan dan dipergunakan dalam pengurusan arsip (penyimpanan, pemeliharaan), sehingga arsip-arsip dapat ditemukan kembali dengan mudah, cepat dan tepat apabila sewaktu-waktu diperlukan.
Macam – Macam Filing System
- Sistem Alfabetis adalah sistem penyimpanan arsip dinamis aktif menggunakan metode penyusunan secara alfabetis.
- Sistem Numerik adalah sistem penyimpanan arsip yang dilakukan berdasarkan nomor atau kode nomor. Sistem ini dibagi menjadi dua yaitu penomoran berurutan dan penomoran tidak berurutan.
- Sistem Alfanumerik adalah pengaturan arsip berdasarkan kombinasi huruf dan angka.
- Sistem Kronologis adalah suatu sistem penyimpanan arsip yang didasarkan pada tanggal.
Fungsi Utama Filing System
Di dalam menentukan sistem pemberkasan yang akan diterapkan perlu dipertimbangkanbeberapa hal diantaranya adalah bentuk arsip, sifat serta bidang – bidang kegiatan organisasi dan karakteristik organisasi yang bersangkutan. Berikut 6 fungsi utama filing system dalam sebuah kantor atau perusahaan!
1. Penyimpanan Dokumen yang Terstruktur
Menyimpan dokumen dan informasi secara terstruktur. Ini berarti setiap dokumen memiliki tempat dan kategori penyimpanan yang jelas. Misalnya, dokumen keuangan dapat memiliki tempat tersendiri yang terpisah dari dokumen hukum atau dokumen data karyawan.
2. Meningkatkan Aksesibilitas & Cepatnya Pencarian
Filing System yang baik memungkinkan karyawan dengan mudah mengakses dokumen yang mereka butuhkan. Ini bisa menjadi kunci untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu yang terbuang untuk mencari dokumen, dan memastikan informasi dapat ditemukan dengan cepat.
3. Keamanan dan Perlindungan Data
Filing System membantu melindungi dokumen penting dari resiko kerusakan, kehilangan, atau kebakaran. Dokumen – dokumen sensitif dapat disimpan dengan aman dan hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki izin.
4. Pengelolaan Siklus Hidup Dokumen
Filing System membantu mengatur siklus hidup dokumen, mulai dari pembuatan hingga penyimpanan jangka panjang atau penghapusan. Dokumen yang sudah tidak digunakan lagi dapat dikelola sesuai dengan kebijakan perusahaan.
5. Kepatuhan Hukum
Sebuah Filing System memungkinkan perusahaan mematuhi peraturan dan persyaratan hukum yang berlaku terkait.
6. Pertumbuhan dan Skalabilitas
Sebuah Filing System yang baik harus dapat tumbuh seiring dengan perusahaan. Ini berarti perusahaan menambahkan lebih banyak dokumen dan informasi seiring dengan pertumbuhan bisnis tanpa mengorbankan efisiensi atau aksesibilitas.
Ingin Mempunyai Produk Filing System Berkualitas? Alba Unggul Metal Solusinya!
Dalam usaha mengorganisasi arsip dalam sebuah kantor atau perusahaan, memilih filing system seperti filing cabinet, mobile file, lemari arsip, dan rak arsip adalah langkah yang sangat tepat. Anda akan merasakan manfaat produk yang tahan lama, mulai dari penghematan ruang hingga biaya. Percayakan pilihan produk filing system kepada PT Alba Unggul Metal. Kualitas produknya terjamin unggul karena menggunakan bahan material yang berkualitas.
Anda juga bisa langsung menghubungi dengan salah satu tim Alba dengan cara menghubungi kontak Alba dan dapatkan informasi penting lainnya.