back
Bagaimana Cara Memaksimalkan Fungsi Furniture Kantor?

Kantor yang nyaman tentunya akan membuat karyawan lebih produktif saat bekerja. Salah satu
elemen penting yang tidak boleh Anda pilih dengan asal-asalan ketika ingin menata kantor
adalah furniture.
Setiap furniture kantor tentunya memiliki keunikan tersendiri. Namun, akibat dari kesalahan
penataan atau peletakkan, furniture justru tidak bisa digunakan dengan maksimal. Jika
begitu, biaya yang sudah dikeluarkan untuk menata kantor bisa menjadi sia-sia. Demi
menghindari hal tersebut, lakukan beberapa cara berikut ini untuk memaksimalkan fungsi
furniture kantor Anda.
Diskusikan dengan pengguna
Setiap divisi bisa saja membutuhkan furniture yang berbeda dengan fungsi berbeda pula. Maka
dari itu, penting untuk berdiskusi terlebih dahulu dengan karyawan demi memastikan bahwa
furniture yang disediakan memang akan digunakan dengan maksimal dan bisa membantu mereka
dalam bekerja.
Sesuaikan layout ruangan dengan kebutuhan kerja
Menyesuaikan layout ruangan dengan kebutuhan kerja juga bisa menjadi cara untuk
memaksimalkan fungsi furniture. Anda perlu menghitung luas area kerja terlebih dahulu
sebelum menentukan furniture yang dipakai. Jangan sampai furniture kantor pilihan Anda
terlalu besar atau kecil untuk kebutuhan kerja.
Secara proporsional, layout ruang kerja bisa dibagi menjadi ⅓ untuk area meja kerja, ⅓ untuk
tempat berkas atau penyimpanan, dan ⅓ lagi untuk area terbuka bebas tempat karyawan
berlalu-lalang.
Tata furniture dengan cermat
Selain memperhatikan proporsi ruangan, Anda juga perlu memperhatikan apakah penataan
furniture sudah mendukung pekerjaan karyawan. Penataan furniture yang tepat tak hanya
mendukung produktivitas pekerja, tetapi juga bisa bisa membuat ruang kantor tampak lebih
rapi serta memaksimalkan fungsi furniture kantor.
Beberapa jenis pekerjaan mengharuskan pekerja untuk berdiskusi satu sama lain. Bagi divisi
yang memiliki jenis pekerjaan seperti ini, akan lebih baik untuk melengkapi ruang kerjanya
dengan meja tanpa pembatas dan diletakkan berhadapan. Dengan begini, mereka bisa berdiskusi
dengan lebih efisien.
Hal ini juga bisa diterapkan jika Anda memiliki ruang meeting yang tidak terlalu luas. Dari
pada menggunakan beberapa meja kecil yang disusun melingkar, akan lebih baik juga
menggunakan meja panjang ukuran besar. Tak hanya menghemat ruang, ini juga menjadi cara
cermat untuk meningkatkan efektivitas diskusi antar karyawan.
Memanfaatkan pencahayaan alami
Pencahayaan adalah hal penting yang perlu diperhatikan saat menata kantor karena dapat
mempengaruhi konsentrasi karyawan ketika bekerja. Jika pencahayaan kurang atau tidak tepat,
karyawan dapat berisiko sakit mata atau bahkan pusing ketika bekerja.
Agar memaksimalkan produktivitas, ada baiknya untuk memanfaatkan pencahayaan alami. Cahaya
matahari dinilai lebih baik dari pada lampu karena bisa menyeimbangkan jam biologis pekerja.
Jika ruang kantor tidak mendapatkan cahaya alami, jam biologis tubuh akan kesulitan
membedakan pagi dan malam. Hal ini dapat berisiko pada pola tidur yang tidak sehat.
Memaksimalkan penyimpanan
Setiap kantor tentu memiliki tumpukan dokumen, arsip, atau kertas yang jika dibiarkan begitu
saja bisa mengganggu area kerja, tetapi tidak bisa dibuang karena merupakan dokumen penting.
Maka, solusi dari hal ini adalah memaksimalkan lemari penyimpanan kantor.
Anda bisa membuat sebuah sekat antara area kerja dengan ruang arsip. Jika jumlah dokumen
dirasa akan semakin banyak, Anda juga bisa membuat ruangan khusus yang berisi lemari arsip
untuk menata berbagai dokumen kantor. Untuk memaksimalkan ruangan arsip, tentu Anda
membutuhkan lemari arsip yang bisa memuat ribuan dokumen dengan rapi. Lemari arsip dari PT
Alba Unggul Metal bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.
Pilih furniture dengan teliti
Sebelum membeli furniture kantor, pastikan Anda sudah memilihnya dengan teliti. Sesuaikan
kursi kantor dengan bentuk punggung, serta memiliki sandaran lengan dengan ukuran yang pas.
Selain itu, pastikan juga meja kantor tidak terlalu tinggi atau rendah, serta sesuai dengan
kursinya.
Selain memperhatikan bentuk furnitur kantor dengan teliti, pastikan pula Anda mengetahui
kebutuhan karyawan ketika bekerja. Dengan begitu, Anda bisa memilih furniture yang mampu
mengakomodasi setiap kebutuhan para pegawai, seperti meja kerja dari PT ALBA Unggul Metal.
Jika kesulitan mencari meja kantor yang sesuai dengan kebutuhan pegawai, Anda bisa
membuatnya secara custom di PT Alba Unggul Metal. Selain menyediakan berbagai meja kantor
berkualitas premium, PT Alba Unggul Metal juga siap membuat furniture kantor sesuai dengan
keinginan Anda.
Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih dan memaksimalkan fungsi furniture
kantor. Pastikan Anda mengetahui kebutuhan pegawai serta fungsi setiap furniture sebelum
membelinya. Selain itu, ketahui pula tata letak ruang yang baik dan pencahayaan alami yang
cukup untuk meningkatkan produktivitas pegawai Anda.
Untuk kebutuhan furniture kantor yang kokoh dan tahan lama, Anda bisa mempercayakannya pada
PT Alba Unggul Metal. Setiap furniture yang diproduksi menggunakan bahan baku berkualitas,
serta dibuat dengan teknologi canggih, menghasilkan produk premium yang bisa memenuhi
kebutuhan kantor Anda.
Tertarik dengan furnitur kantor PT ALBA Unggul Metal? Anda bisa melihat beragam produknya di
website resmi dengan klik
link ini.